Windows 10 adalah salah satu sistem operasi terbaru dari Microsoft yang telah mengubah cara kita berinteraksi dengan komputer. Diperkenalkan pada tahun 2015, Windows 10 segera menjadi salah satu sistem operasi paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Artikel ini akan membahas fitur-fitur utama dari Windows 10, serta memberikan tips dan trik untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Fitur Utama Windows 10

Dikutip dari Dianisa.com, berikut beberapa fitur utama dari Windows 10:

  • Menu Start yang Diperbarui: Salah satu perubahan paling mencolok dalam Windows 10 adalah kembalinya menu Start. Ini menggabungkan tampilan tradisional menu Start dengan ikon aplikasi yang dapat disesuaikan, memberikan akses cepat ke program-program favorit Anda.
  • Cortana, Asisten Pintar: Windows 10 dilengkapi dengan asisten virtual bernama Cortana, yang memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian dan mengontrol komputer Anda dengan suara. Cortana dapat memberikan informasi cuaca, berita terbaru, dan banyak lagi.
  • Virtual Desktops: Dengan fitur ini, Anda dapat membuat desktop virtual yang berbeda-beda untuk mengatur tugas-tugas Anda. Ini sangat berguna jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi dan jendela sekaligus.
  • Microsoft Edge: Internet Explorer telah digantikan oleh Microsoft Edge, browser yang lebih cepat dan lebih aman. Edge juga memiliki fitur anotasi yang memungkinkan Anda untuk menandai dan menggambar di halaman web.
  • Keamanan yang Ditingkatkan: Windows Defender, program antivirus bawaan, telah ditingkatkan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ancaman berbahaya.

Tips dan Trik

  • Update Teratur: Pastikan untuk mengaktifkan pembaruan otomatis. Ini akan memastikan bahwa Anda selalu memiliki versi Windows 10 yang paling aman dan canggih.
  • Pengaturan Privasi: Windows 10 memiliki banyak pengaturan privasi. Pastikan untuk mengkustomisasi pengaturan ini sesuai dengan preferensi Anda.
  • Keyboard Shortcuts: Pelajari beberapa pintasan keyboard Windows 10 untuk meningkatkan produktivitas Anda. Misalnya, Windows + D akan membuka dan menutup desktop.
  • Tema dan Wallpaper: Personalisasi desktop Anda dengan tema dan wallpaper yang Anda sukai. Anda dapat mengunduh tema-tema baru secara online atau membuat gambar latar belakang sendiri.
  • Backup Rutin: Selalu cadangkan data Anda secara rutin. Windows 10 memiliki fitur pencadangan yang mudah digunakan.

Windows 10 telah membawa banyak perubahan dan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dengan memahami fitur-fitur utama dan menerapkan tips dan trik yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna Anda dengan sistem operasi ini.

Untuk menggunakan sistem operasi ini, Anda perlu mengunduh Windows 10 ISO dan menginstall di perangkat PC / laptop Anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan