Para pembisnis di bidang investasi, pasti sangat familiar dengan investasi crypto. Mata uang berbentuk digital ini akan mempermudah banyak orang untuk melakukan investasi dengan cara yang berbeda. Namun, perlu diketahui bahwa mata uang ini hanya dapat dimanfaatkan di dunia digital saja. Menurut Wikipedia, crypto merupakan mata uang digital yang didesain untuk membuat transaksi uang menjadi aman karena tidak bisa dipalsukan maupun dilipatgandakan.

Keamanan cryptocurrency

Trading crypto merupakan suatu investasi yang digunakan dalam dunia virtual dengan memanfaatkan sandi-sandi yang menjamin dapat melindungi keamanan mata uang virtual ini. Tapi, jangan asal menggunakan mata uang ini, pastikan tempat kamu berbelanja menerima mata uang ini sehingga proses berbelanja akan lebih mudah.

Perkembangan investasi crypto di Indonesia

Berdasarkan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi, investor crypto sampai pada angka 4,2 juta orang per akhir Februari 2021 di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia membetuk Bursa Mata Uang Digital atau Kripto sehingga pengguna investasi ini akan merasa terjamin dan terlindungi. Perlu pembaca ketahui bahwa Negara dengan tingkat penyebaran investasi crypto yang terbesar pertama adalah Indonesia.

Dasar Hukum Investasi Crypto

Crypto bukanlah mata uang yang sah untuk pembayaran di Indonesia. Meskipun seperti itu, mata uang digital ini sudah memiliki legalitas  untuk kegiatan jual beli melalui 4 peraturan Bappebti. Ada beberapa jenis Crypto yakni Bitcoin, Litecoin, Dogecoin, Bitcoin Cash, dan Feathercoin

Cara Kerja Inveatsi Crypto

  1. Blockchain

Blockchain merupakan teknologi yang berisi berbagai macam transaksi baru dan akan tetap terhubung degan blok sebelumnya.

  1. Miner

Miner merupakan sebutan bagi orang yang menambang kripto. Miner berperan dalam menjaga agar setiap transaksi tercatat dan tidak mengganggu transaksi lainnya.

  1. Wallet

Wallet atau yang biasa disebut dompet kripto merupakan suatu software yang dapat mengirim dan menerima berbagai token di jaringan blockhain. Wallet ini memudahkan pengguna melihat banyak kripto yang dimiliki.

Kelebihan Investasi Crypto

  1. Mudah diterima dan digunakan di berbagai Negara
  2. Data pribadi akan terjaga
  3. Cepat dan mudah dalam transaksi
  4. Kemungkinan naiknya keuntungan bagi penggunanya

Kekurangan Investasi Crypto

  1. Tidak semua Negara melegalkan menggunakan investasi crypto
  2. Kerahasiaan kripto dapat disalahgukan jika melakukan transaksi di pasar illegal
  3. Membutuhkan perangkat yang mendukung
  4. Jika nilai fluktuatif turun maka pemilik kripto bisa mengalami kerugian

Tips berinvestasi Crypto

  1. Memahami konsep investasi crypto baik istilahnya maupun cara kerjanya. Harus paham bagaimana proses trading dan investasi agar tidak mengalami kerugian
  2. Memilih media yang legal/ resmi dan terdaftar di Bappebti agar transaksi lebih terjamin keamanannya.
  3. Sering melakukan evaluasi terhadap variabel yang memengaruhi pergerakan aset kripto, sehingga perlu mengenali jenis mata uang yang akan dibeli dan apa saja yang dapat memengaruhi nilai mata uangnya.
  4. Menganalisis teknikal melalui grafik candlestick agar pengguna dapat mengetahui harga aset dan keuntungan yang didapatkan.
  5. Mengetahui besar biaya layanan yang akan dikeluarkan ketika melakukan transaksi mata uang kripto.
  6. Melakukan diversifikasi koin agar risiko kerugian oleh pengguna yang akan terjadi dapat diminimalisir.
  7. Mulai dengan jumlah yang kecil sesuai dengan kemampuan diri agar kebutuhan sehari-hari tidak terganggu.
  8. Rajin melihat pasar bursa agar dapat mengetahui pergerakan nilai yang dapat berubah sangat cepat sehingga tahu kapan harus membeli dan menjual koin.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan