Saat membuat suatu website atau aplikasi, pastinya kamu akan sering bertanya bagaimana caranya website atau aplikasi tersebut bisa berjalan. Dengan banyaknya pilihan hosting, mulai dari shared hosting, dedicated hosting, cloud hosting, sampai VPS Murah, tentunya kamu harus ketahui masing-masing perbedaannya.

Kini, artikel ini akan membahas mengenai VPS atau virtual private server secara detail. Baik definisinya, cara kerjanya, hingga fitur yang ada di dalamnya. Yuk, simak pembahasannya sampai akhir, ya.

Apa itu VPS?

Virtual Private Server (VPS) merupakan layanan server virtual dengan resource yang telah dedicated khusus untuk satu pengguna saja. Pastinya, hal ini berbeda dengan shared hosting yang sumber daya komputasinya dimanfaatkan oleh beberapa pengguna lainnya.

Hal inilah yang mengakibatkan website yang berjalan dengan menggunakan shared hosting dapat terganggu apabila ada pengguna dalam satu server menggunakan sumber daya terlalu besar.

Apabila kamu sudah mulai merasa jika sumber daya shared hosting tidak mumpuni lagi untuk memfasilitasi traffic pada website maupun aplikasimu, maka sebaiknya kamu segera beralih dengan menggunakan layanan VPS yang menawarkan sumber daya dedicated terpisah dari pengguna lainnya.

Dengan penggunaan VPS hosting ini, resource pada server virtual tidak akan terbagi-bagi lagi dengan pengguna yang lain sehingga website atau aplikasi menjadi minim dari masalah atau gangguan.

Cara Kerja VPS

VPS bekerja dengan melakukan virtualiasi pada suatu server fisik yang mana prosesnya akan mengisolasi sumber daya komputasi dari server tersebut ke beberapa server virtual.

Misalnya, sebuah server fisik dengan resource 8 core CPU dan 8 GB RAM akan tervirtualisasi menjadi 8 virtual dengan resource komputasi yang masing-masing mendapatkan 1 Core CPU dengan 1 GB RAM. Intinya, kamu harus berbagi satu server yang sama tetapi sumber daya yang terisolasi tersebut hanya kamu yang dapat menggunakannya.

Fitur VPS Rumahweb

Multiple Internet Backbone

VPS dari Rumahweb terlengkapi dengan beberapa internet backbone yang bekerja secara simultan dan saling melakukan backup satu sama lain.

Dynamic Firewall

Firewall yang VPS ini miliki terpusat dengan ruleset yang dinamis sehingga mampu menyesuaikan diri dengan risiko keamanan yang paling terbaru. Dengan sistem keamanan sepert ini, data akan lebih aman dari peretas maupun virus.

Backup

Selain melindungi dengan berbagai sistem kemanan, VPS dari Rumahweb juga melindungi data dari kehilangan dengan cara melakukan pencadangan secara otomatis dengan retensi tertentu. Perlindungan maksimal terhadap data ini bisa kamu lakukan secara mandiri. Selain itu, tim Rumahweb juga akan melakukan backup data dua kali setiap minggunya.

Tertarik dengan VPS Murah dari Rumahweb untuk kinerja website atau aplikasi lebih aman dan melesat? Yuk, kunjungi www.rumahweb.com dan rasakan keuntungannya! Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan