Menurut beberapa orang, musik atau lagu bisa menjadi cara untuk mengekspresikan atau mengungkapkan emosi seseorang menggunakan melodi dan juga lirik lagu. Sebuah lagu memang bisa merdu dan indah hanya dengan musik, namun lirik sangat penting untuk menyampaikan pesan yang penulis lagu ingin sampaikan kepada para pendengar.

Saat ini, telah banyak genre musik yang bisa kamu nikmati, ada western, J-Pop (Japan pop), K-Pop (Korean Pop) dan masih banyak lagi. Masing-masing genre tersebut menggunakan bahasa pengantar lagu yang membuatmu juga bisa mempelajari tata bahasa dan arti dari lirik lagu tersebut.

Untuk memahami makna lirik sebuah lagu, kamu perlu mengartikannya lebih dahulu. Melansir dari ladiestory.id, ada 3 cara untuk menginterpretasikan sebuah lagu dari pesan yang tersimpan pada lirik lagu, di antaranya:

Menganalisis Kata-Kata

Biasanya, penulis atau komposer lagu menggunakan kata-kata tertentu untuk mengungkapkan perasaan mereka melalui lirik lagu.

Ada beberapa penulis yang menuliskan bait dengan kalimat yang mudah dikenali, namun ada juga yang membuat lirik dengan bahasa yang rumit sehinggga pendengar harus bekerja keras untuk menemukan pesan tersirat dari lagu tersebut.

Pesan Dalam Lagu

Untuk memahami pesan dalam sebuah lagu, kamu bisa membuat pertanyaan tentang lagu tersebut. Misalnya, seperti apa latar belakang sang penulis membuat lagu tersebut, mengapa memilih judul itu, dan sebagainya.

Jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut akan memberikan gambaran tentang keseluruhan lirik lagu tersebut.

Mengumpulkan Semua Informasi Setelah Membaca Semua Lirik Lagu

Agar kamu bisa memahami lirik lagu dengan perasaan yang lebih dalam, dengarkan juga lagunya. Dengan begitu, pesan yang ingin penulis sampaikan bisa kamu rasakan dan mungkin sesuai dengan apa yang dialami.

Contohnya lirik dari lagu Best Part yang dinyanyikan oleh Daniel Caesar dan H.E.R di bawah ini.

Oh, ey

You don’t know, babe

When you hold me

And kiss me slowly

It’s the sweetest thing

And it don’t change

If I had it my way

You would know that you are–

Penggalan pertama lagunya saja sudah sedalam ini maknanya. Lirik ini bercerita tentang seseorang yang mengungkapkan bahwa ketika dia dipeluk dan dicium oleh yang terkasih, merupakan suatu hal yang paling manis dalam hidupnya.

Oh, romantis sekali, bukan? Jika ingin mengetahui Best Part lirik lebih lengkap, kunjungi website ladiestory.id. Bukan hanya lirik lagu, kamu juga akan mendapatkan berita baru yang lagi viral, tentang fashion, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan