Reksa dana merupakan instrumen invetasi untuk investor dengan modal kecil atau tidak banyak waktu maupun keahlian dalam memperkirakan risiko produk investasi. Makanya, banyak yang bilang jika reksa dana Manulife cocok bagi investor pemula.

Apabila melihat dari UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, reksa dana sendiri menjadi wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian diivestasikan dalam portofolio efek melalui manajer investasi atau MI.

Manajer invetasi akan mengumpulkan dana dari para pemodal. Kemudian, MI yang sudah berpengalaman akan mengelola dana tersebut di dalam investasi yang ada di pasar modal maupun pasar uang.

Umumnya, instrumen investasi reksa dana ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penempatan dana oleh manajer investasi. Berikut ini beragam jenis reksa dana beserta kelebihan dan kekurangannya.

Reksa Dana Pasar Uang

Instrumen investasi pasar uang atau efek memiliki sifat hutang yang jatuh tempo kurang dari setahun. Misalnya, Surat Berharga Pasar Uang, deposito berjangka, dan lain sebagainya. Pasar uang memberikan banyak keuntungan sehingga risikonya lebih sedikit , bahkan hampir tidak berisiko. Namun, sejalan dengan risikonya, return atau keuntungan investasi ini juga sedikit.

Reksa Dana Saham

Manajer investasi menempatkan dana investor ini di portofolio saham minimal 80%. Perlu Anda ketahui jika saham mempunyai karakteristik yang fluktuatif sehingga reksa dana sahap cukup berisiko tetapi mampu memberikan keuntungan dengan nilai yang lebih tinggi.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Investasi jenis ini hampir sama dengan reksa dana pasar uang. Hal yang membedakan adalah penempatan investasi reksa dana pendapatan tetap ada pada efek surat utang seperti sukuk, Surat Utang Negara, dan obligasi minimal 80%.

Reksa dana pendapatan tetap adalah invetasi dengan risiko rendah keuntungan rendah daripada reksa dana saham.

Reksa Dana Campuran

Manajer investasi menempatkan dana investasi campuran ini di antara obligasi dan saham.  Bagi Anda pemodal dengan profil moderat, Anda dapat memilih Reksa Dana Manulife campuran ini.

Kenapa? Karena alokasi yang seimbang antara instrumen-instrumen terbaik, saham, dan obligasi, ditambah instrumen pasar uang hasil seleksi dari tim PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) akan memberikan invetasi sesuai tujuan Anda.

MAMI telah berkomitmen untuk selalu memberikan solusi terbaik bagi siapa saja  yang ingin investasi. Hal inilah yang menjadikan MAMI bisa bertahan menjadi salah satu manajer investasi terbesar pada industri reksa dana Indonesia.

Tenang saja, MAMI sudah terdaftar dan terawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga dana Anda aman dan terlindungi. Ingin untung saat investasi reksa dana? Yuk, intip produk investasi Reksa Dana Manulife di https://www.manulifeim.co.id.

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *