Buah hitam manis ini cukup mudah kita temui, terutama ketika bulan Ramadhan. Biasanya, orang yang sedang berpuasa menjadikannya salah satu Asupan sahur. Hal ini karena buah kurma dianggap dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Sebenarnya, anggapan tersebut tidak salah, lho. Bahkan, masih banyak lagi manfaat kurma untuk kesehatan kita. Sebelum membahasnya lebih lanjut, tahukah apa perbedaan kurma segar dan sudah kering?

Ya, kita bisa melihat bagian kulitnya, jika kulit kurma mengkerut maka kurma tersebut sudah melalui proses pengeringan untuk pengemasan yang baik. Tapi, jika kulitnya halus, berarti kurma masih segar.

Tenang saja, keduanya tetap mempunyai segudang manfaat yang sama. Kita bisa memilih sesuai dengan selera saja. Nah, berikut ini beberapa manfaat kurma bagi kesehatan. Simak pembahasannya hingga akhir, ya!

Mencukupi Kebutuhan Kalori

Kurma yang sudah melalui proses pengeringan memiliki kadar kalori yang cukup tinggi daripada buah lainnya. Hal ini serupa dengan buah ara dan kismis. Tubuh kita sangat membutuhkan kalori agar dapat berfungsi secara optimal. Tanpa adanya energi yang cukup, maka sel dalam tubuh akan terganggu kinerjanya.

Menangkal Radikal Bebas

Tidak hanya kaya akan mineral dan vitamin, kurma juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini mampu membantu tubuh dalam melawan beragam radikal bebas. Ingat ya, radikal bebas yang berlebihan bisa menimbulkan berbagai gangguan seperti penyakit jantung.

Mencegah Sembelit

Buah kurma memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan tubuh. Hal ini karena terdapat 7 gram serat dalam setiap 3,5 ons kurma. Makanya, mengonsumsi kurma dapat mencegah sembeli dan membuat gerka usus lebih teratur, terutama dalam membentuk feses.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mineral yang terkandung dalam kurma ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung. Konsumsi kurma bisa memberikan dampak baik bagi jantung dan pembuluh darah.

Nah, supaya jantung tetap sehat, jangan lupa berolahraga secara rutin, serta menerapkan pola makan sehat dan seimbang.

Mengganti Elektrolit yang Hilang

Tidak hanya air kelapa yang bisa membantu menggantikan elektrolit tubuh yang menghilang. Namun, buah kurma juga bisa, lho. Kadar kaliumnya yang tinggi membuatnya bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang sekaligus menguatkan dan membangun otot tubuh.

Makanya, tidak heran jika banyak yang memanfaatkannya sebagai asupan sahur. Hal ini karena banyak cairan elektrolit yang hilang ketika kita berpuasa.

Jangan lupa ya, kesehatan sangat tergantung dengan apa yang kita konsumsi. Jadi, yuk cari tahu tentang pola makan yang sehat hanya di www.sirka.io. Salam sehat!

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *