Bagi yang terjun di dunia percetakan, pasti sudah sangat familiar dengan berbagai jenis mesin cetak offset, digital serta mesin finishing-nya. Jika kamu berniat membuka usaha percetakan, pilihan yang tepat untuk membaca artikel ini. Mesin percetakan offset maupun digital sama-sama bisa digunakan untuk mencetak undangan, buku, poster, majalah dan berbagai macam produk cetak lainnya.

Bedanya, mesin percetakan digital lebih mudah dalam proses pencetakannya dan tidak ada minimal order. Umumnya, jenis-jenis mesin percetakan yang digunakan adalah mesin cetak Offset, mesin cetak Digital Plotter, mesin cetak Offset Digital dan mesin cetak Flatbed UV.

Selain mencetak menggunakan mesin utama, kamu juga membutuhkan mesin pendukung atau finishing, sehingga hasil cetaknya memiliki nilai lebih yang bisa digunakan untuk branding usaha. Adapun beberapa jenis mesin finishing percetakan yang biasa digunakan dalam proses percetakan ialah sebagai berikut:

Mesin Laminating

Pertama, ada mesin laminating yang bisa kamu dapatkan tentunya di tempat jual mesin laminating terpercaya. Mesin ini digunakan untuk finishing dengan menggunakan bahan plastik tipis yang mempunyai perekat.

Jenis plastik tersebut adalah Doff dan Glossy. Terdapat dua jenis mesin laminating yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

  • Mesin Laminasi Thermal. Mesin ini membutuhkan panas, sehingga plastik laminasi bisa menempel kuat pada bagian kertas.
  • Mesin Laminasi Dingin. Roller di dalam mesin jenis ini digunakan untuk menjepit dan menempelkan laminasi ke bahan kertas.

Mesin Pond

Selanjutnya, ada mesin pond yang digunakan untuk membentuk kertas sesuai dengan yang dibutuhkan. Mesin ini sangat membantu dalam mencetak beberapa produk seperti amplop, map perusahaan, kemasan dan packaging, undangan dengan bentuk menarik dan lain-lain.

Mesin Hotprint

Jenis mesin ini memiliki nama lain, yaitu Ali Poly dan berfungsi untuk melakukan percetakan khusus. Sepertu percetakan yang ada di undangan.

Mesin Hotprint akan menghasilkan warna silver atau gold yang biasa dipakai untuk mencetak nama pengantin dalam undangan. Selain undangan pernikahan, mesin Hotprint juga banyak digunakan untuk mencetak undangan rapat, company profile, kartu nama dan sebagainya.

Mesin Potong Kertas

Bagi yang ingin memulai usaha percetakan offset, jenis mesin satu ini merupakan mesin yang wajib kamu punya. Terdapat berbagai macam ukuran yang beredar di pasaran, mulai dari ukuran 45, 65, 92, 115 dan 130.

Mempunyai mesin potong kertas dengan ukuran besar memang sangat menguntungkan. Namun, kamu juga harus melihat ukuran ruangan serta budget yang dimiliki.

Nah, itulah beberapa mesin finishing percetakan yang harus kamu punya jika ingin membuka usaha percetakan. Sudah banyak toko offline maupun online yang menyediakan berbagai jenis mesin percetakan. Salah satunya adalah Maxipro.

Berbagai alat percetakan dan mesin percetakan dari merek berkualitas tersedia di sana. Kamu cukup membandingkan satu sama lain untuk mendapatkan mesin sesuai kebutuhan dan harga yang pas di kantong. Untuk mengetahui berapa harga mesin laminating dan mesin-mesin percetakan lainnya, silakan kunjungi laman maxipro.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan