Sebuah pendingin ruangan atau air conditioner (AC) bermanfaat sekali untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk di tengah musim panas, terutama cuaca terik di negara tropis seperti Indonesia. Akan tetapi, karena sering digunakan dan perawatan yang kurang tepat, AC jadi lebih cepat rusak atau tidak berfungsi secara maksimal.

Alih-alih membuat sejuk, AC di rumah kamu justru mengeluarkan angin panas serta bau yang tidak sedap. Hal tersebut membuatmu harus merogoh kocek lagi untuk memanggil jasa service AC Jakarta Selatan untuk memerbaiki AC yang rusak.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang membuat AC jadi cepat rusak yang tanpa disadari sering dilakukan oleh banyak orang. Lantas, apa saja kebiasaan yang menyebabkan AC di rumah jadi cepat rusak? Simak ulasannya sampai tuntas!

Ruangan Dibiarkan Terbuka

Kebiasaan yang membuat AC tidak dingin dan sering dianggap sepele adalah dengan membiarkan ruangan terbuka. Ketika kamu menyalakan AC, pastikan pintu dan jendela ruangan sudah tertutup dengan rapat.

Jika kamu membiarkan ruangan ber-AC tidak tertutup rapat, maka akan berpengaruh pada suhu ruangan. Hal ini membuat ruangan jadi tidak terasa dingin. Solusinya, mulai biasakan untuk menutup pintu dan jendela ketika AC sedang dinyalakan.

AC Jarang Dibersihkan

AC yang jarang dibersihkan juga menjadi biang kerok penyebab pendingin ruangan jadi cepat rusak. Untuk memiliki usia pemakaian dalam jangka waktu panjang dan tahan terhadap berbagai kerusakan, AC perlu diservice dan melakukan pembersihan secara rutin untuk menghindari kerusakan.

Perlu kamu tahu, bahwa fungsi AC tidak hanya untuk memberikan udara sejuk pada ruangan, melainkan juga untuk menjernihkan udara dalam ruangan. Selain itu, AC juga berfungsi untuk menyaring udara kotor, sehingga kualitas udara di dalam ruangan lebih bersih.

Adanya fungsi tersebut, membuat AC bisa mengalami penumpukan debu dan kotoran sehingga menghambat kerja AC untuk terus menyaring serta memberikan kualitas udara terbaik untuk kamu dan keluarga di rumah. Pembersihan atau service AC harus dilakukan secara rutin, setidaknya lakukan tiga bulan sekali selama masa pemakaian AC.

Sering Mematikan dan Menyalakan AC

Mungkin kamu memiliki kebiasaan menyalakan AC dalam jangka waktu yang lama, atau mematikan dan menyalakan AC dalam waktu yang berdekatan. Hal itulah yang membuat AC rumah kamu jadi cepat rusak.

Sering mematikan dan menyalakan AC  membuat kompresor akan bekerja lebih keras untuk menghantarkan daya dan energi dari sumber listrik ke unit AC secara terus-menerus. Apabila kompresor mengalami kerusakan, maka bisa menyebabkan berbagai kerusakan lainnya. Paling buruk, AC tidak bisa diperbaiki lagi sehingga kamu harus mengganti AC dengan unit AC yang baru.

Pengaturan Termostat yang Salah

Penyebab AC tidak berfungsi maksimal lainnya dan kerap disepelekan adalah kesalahan dalam menetapkan suhu. Misalnya, kondisi ruangan dengan AC di rumah kamu bersuhu 23 derajat celcius, namun kamu mengatur suhu pendingin ruangan di 26 derajat celcius.

Pengaturan suhu yang salah ini yang menyebabkan ruangan jadi tidak dingin, sebab AC akan mengeluarkan suhu lebih tinggi daripada suhu ruanganmu. Untuk mengatasinya, maka kamu perlu mengatur suhu AC secara tepat.

Aturlah suhu AC lebih rendah daripada suhu ruangan kamu. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mengatur AC melalui remote dengan setting ‘cool’.

Itulah beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa disadari sering kamu lakukan dan menganggapnya sepele. Padahal, dampaknya bisa membuatmu mengeluarkan lebih banyak uang untuk service atau bahkan membeli unit AC baru. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan service atau pembersihan AC secara rutin di Multi Jaya Service AC.

Jasa service AC satu ini menggunakan peralatan khusus dan lengkap untuk berbagai jenis AC yang terpasang di rumah, apartemen, kantor dan juga sekolah. Tenaga kerjanya juga kompeten dan handal dalam bidang service AC. Dijamin tingkat kepuasan yang akan diberikan kepada pelanggan sangat maksimal dengan pelayanan terbaik.

Selain service AC, Multi Jaya Service AC juga melayani jasa service kulkas, service masin cuci, pasang AC baru bekas dan masih banyak lagi. Cari tahu informasi selengkapnya seputar jasa service yang tersedia, harga yang ditawarkan dan lain-lainnya dengan klik laman Multijayaserviceac.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan