Tren digitalisasi dalam pembayaran semakin berkembang pesat. Oleh sebab itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengeluarkan BRIVA, yang merupakan metode pembayaran berupa kode khusus untuk satu kali transaksi dan akan langsung otomatis terkonfirmaasi jika pengguna sudah melakukan pembayaran.

Sistem pembayaran ini menggunakan mekanisme online real time. Oleh karena itu, seluruh transaksi yang menggunakan BRIVA (BRI Virtual Account) akan otomatis tercatat secara real time. Sebelum membahas BRIVA lebih jauh, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu virtual account.

Virtual account adalah akun rekening bank virtual yang berupa sejumlah nomor ID yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Biasanya, nomor ID tersebut dibuat bank sesuai permintaan perusahaan untuk melakukan transaksi.

Karena itulah, setiap pelanggan akan memperoleh nomor ID yang berbeda-beda pada setiap transaksinya. Virtual account jenis ini biasanya disebut sebagai non-fixed virtual account. Transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan aman, sebab tidak mungkin terlewat dalam sistem pencatatan.

Cara Kerja BRI Virtual Account (BRIVA)

Setelah mengetahui apa itu BRIVA dan virtual account, kita akan membahas bagaimana cara kerja BRIVA untuk transaksi keuangan. Di antaranya:

  • Pemilik bisnis memberi tahu pada setiap konsumen untuk membayar invoice ke nomor virtual account atau VA tertentu untuk menyelesaikan transaksi mereka.
  • Setiap nomor VA langsung terkait dengan konsumen dan invoice tertentu.
  • Ketika konsumen membayara melalui virtual account, informasi pembayaran tersebut akan dikirimkan otomatis kepada pemilik bisnis.
  • Pemilik bisnis pun langsung bisa mengidentifikasi konsumen mana yang sudah membayar pesanannya.

Dengan menggunakan virtual account, transaksi yang kita lakukan menjadi lebih praktis, mudah serta terjamin keamanannya. Misalkan, kita sebagai pemilik bisnis menerima pesanan yang cukup banyak dalam sehari dan seluruh pembayaran dilakukan melalui transfer bank.

Pasti kita akan kewalahan untuk mengecek ulang satu per satu siapa yang mentransfer uang tersebut, berapa nominalnya dan digunakan untuk membayar pesanan yang mana. Nah, dengan menggunakan metode pembayaran virtual account, setiap pesanannya akan memiliki nomor ID yang berbeda dengan pesanan lain. Sehingga, kesalahan dalam membaca data transfer bisa dihindari.

Keuntungan BRI Virtual Account

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan BRIVA untuk bertransaksi, baik itu dari sisi pemilik bisnis maupun konsumen. Berikut uraiannya.

Bagi Pebisnis:

  • Virtual account yang berisi kode unik dan berbeda pada setiap transaksinya akan membantu pebisnis melakukan automasi pada bisnisnya.
  • Mengatur jumlah pembayaran dan peruntukan penggunaan setiap akun. Karena, satu rekening bank bisa dibagi menjadi beberapa akun virtual aktif yang mempunyai nomor, laporan transaksi dan saldo tersendiri.
  • Seluruh transaksi bisa pemilik bisnis pantau dalam satu API BRIVA.
  • Langsung memperoleh data transaksi yang masuk ke akun virtual karena seluruh transaksinya tercatat secara real time. Data tersebut termasuk dana masuk dan yang keluar dari akun virtual.

Bagi Konsumen:

  • Setelah menyelesaikan transaksi, konsumen tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual. Misalnya, memotret bukti transfer dan mengirimkannya ke pemilik bisnis.
  • Dengan membayar melalui virtual account, transaksi yang dilakukan otomatis terkonfirmasi. Sebab, setiap transaksi yang konsumen lakukan mendapatkan nomor ID yang berbeda satu sama lain.

Itulah ulasan mengenai cara kerja serta keuntungan menggunakan BRIVA atau BRI Virtual Account. Sebagai pemilik bisnis, kita perlu menyediakan opsi pembayaran yang beragam, salah satunya dengan BRIVA ini.

Untuk mengaturnya, bisa gunakan layanan payment gateway dari Midtrans. Dengan Midtrans, bisnis kita bisa menerima 24 metode pembayaran baik online maupun offline, termasuk pembayaran melalui BRIVA.

Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi midtrans.com. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan