Ketika melaksanakan ibadah umrah, Anda perlu mengikuti rukun umrah yang sudah ditentukan. Rukun umrah ialah rangkaian aktivitas yang akan Anda lakukan dalam ibadah umrah.

Sedangkan umrah sendiri merupakan ibadah dalam Islam yang dilaksanakan di Mekkah. Sering juga diartikan sebagai ziarah. Jika ingin berangkat umrah bersama Travel Umrah dan Haji, maka Anda harus mengetahui rukun umrah yang wajib dijalankan. Yuk langsung saja disimak ulasannya!

Niat atau Ihram

Semua kegiatan yang Anda lakukan perlu diawali dengan niat. Termasuk dalam melakukan ibadah umrah. Niat ketika umrah biasanya diberi istilah ihram.

Orang yang hendak melakukan ibadah umrah haruslah memakai pakaian ihram alias pakaian tanpa jahitan, serta melafazkan niat dari Miqat. Miqat merupakan titik awal untuk memulai ibadah umrah.

Tawaf

Rukun umrah berikutnya adalah tawaf, yaitu kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Dimulai dari titik awal, Hajar Aswad dan dianjurkan untuk mengusap batu surga tersebut saat melewatinya.

Apabila tidak memungkinkan untuk mendekat, Anda diperbolehkan hanya memberikan isyarat berupa lambaian tangan ke arah batu Hajar Aswad. Anda diperbolehkan sambil berdzikir maupun melafazkan doa atau harapan yang dimiliki ketika melakukan Tawaf.

Sa’i

Sa’i adalah kegiatan berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Tidak ada doa yang wajib Anda baca, sehingga diperbolehkan untuk memanjatkan doa yang diinginkan.

Rangkaian ibadah Sa’i berasal dari kisah Siti Hajar, yang mencarikan air minum bagi Ismail kecil. Istri dari Nabi Ibrahim AS itu bolak-balik berlari mencari air dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah. Sampai akhirnya Allah memberikan mukjizat, yaitu munculnya mata air zam-zam dari hentakan kaki Ismail.

Tahallul

Rukun umrah tahallul ini mempunyai makna melepaskan diri dari larangan ihram, seperti mencukur atau menggunting rambut paling sedikit tiga helai. Rukun umrah satu ini dilakukan di luar Masjidil Haram di dekat Bukit Marwah.

Tertib

Terakhir, rukun umrah yang harus Anda jalankan adalah tertib. Maksunya, para jama’ah ibadah umrah harus melaksanakan segala rukun umrah satu per satu sesuai urutan dan aturan yang ditetapkan.

Jadi, Anda tidak boleh melewatkan atau melompati rukun umrah selama menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci Mekkah.

Itulah 5 rukun umrah yang wajib Anda ketahui dan jalankan dengan tertib sesuai urutan. Bagi yang sedang mencari travel umrah terpercaya, PT Armindo Jaya Tur bisa menjadi pilihan. Travel Haji dan Umrah satu ini sudah legal dan terpercaya. Daftarnya pun mudah, cepat dan terdapat berbagai pilihan paket dengan harga terbaik.

Berdiri sejak 2006, Anda tidak perlu meragukan bagaimana pelayanan yang diberikan PT Armindo Jaya Tur kepada para jama’ah. Informasi selengkapnya bisa dilihat di website resminya di armindotravel.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan