Tidak jarang seorang pekerja atau mahasiswa merasa berada di tempat yang kurang sesuai dengan kemampuannya. Nah, salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan melakukan tes minat bakat.

Telah banyak instansi yang menyelenggarakan tes minat bakat tersebut guna membantu para siswa memilih jurusan secara tepat atau mengarahkan pekerja mencari karir yang sesuai dengan dirinya.

Lalu, apa sebenarnya tes minat dan bakat tersebut? Mengapa kita semua perlu melakukan tes minat bakat agar tidak salah memutuskan? Yuk, simak ulasan berikut untuk menemukan jawabannya!

Definisi Tes Minat dan Bakat

Sesuai dengan namanya, tes minat dan bakat merupakan serangkaian tes yang berguna untuk mengenal kemampuan kognitif, minat atau ketertarikan, serta kepribadian seseorang pada suatu bidang.

Tes minat bakat biasanya memanfaatkan alat uji khusus. Hasil dari komponen uji tes minat dan bakat ini meliputi minat, kepribadian, nilai kehidupan, kemampuan, sampai gaya belajar yang sesuai dengan pribadi masing-masing.

Biasanya, tes minat terbagi menjadi tiga tahap yakni aktivitas kesukaan, profesi yang kamu sukai, dan kegiatan dengan kemampuan. Selain itu, untuk tes bakat sendiri meliputi lima tahap berupa penalaran deduktif, induktif, aritmatika, reasoning, dan spasial.

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Tes

Tes minat dan bakat merupakan serangkaian tes dengan beberapa tahap penilaian. Ada banyak aspek yang akan ternilai seperti ketertarikan belajar maupun karir, kepribadian, bakat dan keterampilan, serta nilai kehidupan.

Kamu akan menerima beberapa pertanyaan yang harus terjawab dengan jelas. Jangan takut, dalam tes minat bakat ini tidak ada jawaban yang salah maupun benar. Nah, sebenarnya tes bakat dengan tes minat memiliki perbedaan, lho.

Tes bakat terlaksana untuk menguji tingkat intelegensi seseorang. Tes semacam ini berguna untuk mendapatkan gambaran umum mengenai kemampuan kognitif. Aspek yang perlu terukur adalah daya ingat, logika berpikir, dan kemampuan verbal.

Hal tersebut berbeda dengan tes  minat yang cenderung mengukur minat terhadap studi atau profesi tertentu. Tes ini berfungsi untuk melihat kepribadian seseorang. Walaupun sedikit berbeda, namun kedua tes biasanya terlaksana sebagai satu paket.

Oleh sebab itu, dengan tes ini kamu bisa langsung memahami minat dan bakat terjadap jurusan maupun karir.

Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Tes

Tes minat dan bakat akan menampilkan gambaran mengenai minat maupun bakat seseorang terhadap jurusan atau karir dan memberikan rekomendasi yang sesuai. Walaupun seperti itu, kamu tidak harus langsung menerima hasil tes begitu saja.

Jadi, kamu tetap perlu melakukan sebuah riset sebagai upaya guna memantapkan pilihan. Cari tahu lebih lanjut mengenai jurusan maupun karir yang sesuai dengan minat dan bakat. Lebih baik selalu pertimbangkan kelebihan dan kelemahannya sebelum memutuskan.

Memilih jurusan kuliah atau profesi untuk karir bukanlah masalah sepele dan mudah untuk kamu lakukan. Berbekal hasil tes minat bakat dan riset sebelumnya, kamu bisa melakukan konsultasi kepada orang lain seperti orangtua, guru, atau psikolog untuk mendapatkan saran terbaik agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tempat Melakukan Tes Minat dan Bakat

Kamu bisa mencoba tes minat dan bakat di PT. Nirmala Satya Development. Platform aplikasi psikotes online yang satu ini sudah terpercaya di Indonesia dan melayani tes secara individual maupun massal.

Tenang saja, hasil tes merupakan rekomendasi dari psikolog berpengalaman dan bisa kamu dapatkan maksimal 1 x24 jam. Kamu akan menemukan rekomendasi terbaik untuk pengembangan karirmu, lho.

Penasaran dengan aplikasi psikotes online yang satu ini? Yuk, segera kunjungi nsd.co.id. dan cek detail layanannya. Semoga bermanfaat!

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *