Tahukah Anda bahwa setiap tahunnya lebih dari 90.000 bayi baru lahir meninggal karena faktor penyebab yang dapat dicegah? Bukan hanya itu, angka ibu yang melahirkan pun turut bertambah dan mengundang kekhawatiran dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga lembaga internasional seperti UNICEF.

Sejumlah tindakan dilakukan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Anda yang tak bisa terjun langsung dapat memberikan dukungan lewat donasi kesehatan dari UNICEF. Sementara Kemenkes berencana mendistribusikan alat ultrasonografi (USG) ke seluruh puskesmas di Indonesia.

Bagian dari transformasi kesehatan Indonesia

Distribusi USG dilakukan sebagai bagian transformasi kesehatan Indonesia, lebih tepatnya pada pilar layanan primer yang mencegah kematian ibu dan anak. Dengan begitu, Kemenkes pun dapat secara optimal meningkatkan performa layanan, khususnya di puskesmas-puskesmas Indonesia.

Dante Saksono, Wakil Menteri Kesehatan, mengatakan, selain distribusi USG, transformasi layanan pada deteksi dini terhadap wasting dan kekerdilan dini harus diperhatikan pemerintah. Pelatihan yang diberikan kepada dokter-dokter umum pun diharapkan membantu mereka menggunakan fasilitas yang disediakan.

Dengan memberikan pelatihan kepada dokter, diharapkan mereka bisa menggunakan USG dan mengidentifikasikan masalah pada kandungan sejak dini. Secara tak langsung, langkah tersebut akan menekan angka kematian, baik pada ibu maupun bayi yang dilahirkan.

Dante pun menegaskan, Kemenkes terus berkomitmen melakukan transformasi digital yang sudah tertuang dalam enam pilar untuk layanan-layanan primer. Beberapa di antaranya penanganan terhadap imunisasi, kekerdilan, penapisan kesehatan, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), dan Keluarga Berencana (KB).

Donasi kesehatan dari UNICEF untuk bantu keluarga Indonesia

Penggalangan dana yang dilakukan UNICEF barangkali bukan hal aneh bagi mereka yang rutin berdonasi. Melalui situs donasi online yang disediakan, UNICEF mewadahi antusiasme masyarakat Indonesia yang ingin membantu meningkatkan layanan kesehatan.

UNICEF pun memudahkan Anda untuk berdonasi dengan membuka donasi sekali atau donasi bulanan dengan jumlah dana berbeda. Dengan bantuan yang Anda berikan, UNICEF akan lebih optimal membantu ibu dan anak dari risiko kematian yang dapat dicegah dari awal.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *