ASI eksklusif merupakan makanan terbaik bagi bayi sejak lahir sampai genap berusia enam bulan. Namun, tidak sedikit ibu yang cemas mengenai kecukupan produksi ASI, khususnya Bunda yang baru saja memiliki bayi.

Salah satu penyebab masalah pada jumlah ASI adalah ASI yang tidak keluar setelah melahirkan. Bagi Bunda yang memiliki masalah dengan produksi ASI yang tidak keluar atau tidak terlalu banyak setelah melahirkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut ini merupakan cara mudah agar ASI bisa keluar dalam jumlah banyak, antara lain:

Meningkatkan Frekuensi Menyusui

Salah satu cara memperlancar atau lebih banyak produksi ASI adalah dengan meningkatkan frekuensi menyusui bayi. Proses ini disebut let down reflex, di mana akan membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara.

Seiring dengan banyaknya ASI yang keluar, maka secara otomatis payudara akan terpancing untuk mengeluarkan lebih banyak ASI.

Menciptakan Lingkungan yang Nyaman

Sebisa mungkin, Bunda harus menghindari perasaan terlalu cemas, stres bahkan depresi selama menyusui. Sebab, kondisi tersebut mampu mempengaruhi produksi ASI. Usahakan Bunda menciptakan lingkungan yang tenan dan santai ketika menyusui si kecil. Tujuannya agar tubuh dan pikiran menjadi lebih nyaman.

Rutin Memompa ASI

Saat si kecil sedang tidak menyusu atau sudah kenyang, namun payudara masih terasa kencang, Bunda bisa mengeluarkan ASI dengan cara memompanya. Rasa kencang dan penuh tersebut akibat persediaan ASU yang belum sepenuhnya habis.

Maka dari itu, pompa ASI menggunakan alat dan simpan pada tempat khusus agar awet. Cara ini akan membantu Bunda agar produksi ASI menjadi lebih banyak. Sebab, payudara yang kosong akan terus memproduksi ASI secara terus-menerus.

Memperhatikan Latch On (Perlekatan)

Latch On atau perlekatan ini adalah menempatkan mulut bayi dengan puting susu pada posisi menyusui yang tepat. Tujuan utamanya untuk mencegah munculnya luka, nyeri bahkan sakit pada puting susu karena posisi isapan bayi yang kurang tepat.

Selain itu, posisi latch on yang tepat juga bisa menjadi cara memperbanyak produksi ASI karena ASI yang keluar akan lebih optimal.

Nah, itulah beberapa tips agar produksi ASI Bunda lebih banyak ketika menyusui bayi baru lahir. Selain itu, Bunda juga bisa mencukupi kebutuhan popoknya menggunakan Merries. Daya serap yang tinggi serta perlindungan ekstrak natural daun teh membuat si kecil jadi tidak mudah iritasi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, langsung saja kunjungi merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *